Berita/Artikel

GURU GENERASI Z

GURU GENERASI Z ( Z-GEN TEACHER )

Oleh : Fasi Mafaida Apriliyanto, S.Pd (Guru Bahasa Inggris)

 

Generasi adalah semua orang yang lahir kira-kira pada waktu yang sama. Generasi dapat diartikan sebagai sebuah kelompok. Peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran pada jalur pendidikan baik pendidikan informal, pendidikan formal maupun pendidikan nonformal, pada jenjang pendidikan dan jenis pendidikan tertentu.

Tentunya kita sering mendengar istilah istilah tersebut. Sebagai guru tentu kita harus memahami karakter peserta didik , salah satunya melalui kelompok kelompoknya masing masing atau generasinya masing masing.

Guru yang ada di tahun ini adalah guru yang mengajar generasi dengan sebutan generasi –Z. dimana peserta didik dalam lingkup generasi tersebut lebih banyak mengenal teknologi lebih baik, lebih self-oriented student, dan lebih banyak resource yang di gunakan.

Dalam proses belajar mengajar dengan peserta didik yang berasal dari generasi tersebut, akankah kita akan tetap menggunakan metode metode dan model yang sama ketika kita mengajar dengan generasi sebelumnya atau generasi milenial? Tentunya kita juga perlu berkembang lebih baik lagi dari para siswa. Tentunya kita perlu mengaplikasikan kerangka TPACK dalam pembelajaran yang dilaksanakan. Dimana salah satu unsurnya adalah guru bisa menggunakan teknologi dan sumber daya yang tak terbatas saat ini. Siswa kita saat ini lebih familiar dalam penggunaan tablet, HP, atau device lainnya yang bisa mereka gunakan untuk menggali informasi lebih dalam. Dahulu mengajar dengan membuka HP mungkin di anggap kurang baik, tetapi sekarang cara belajar bisa full contact dengan menggunakan HP dan ketika kita mengajar hanya bermodalkan satu jenis buku sebagai referensi akan tertinggal jauh. Resource siswa kita lebih luas, mereka lebih banyak bersinggungan dengan internet.

Ada 4 pengembangan yang perlu di lakukan oleh guru; Pedagogik, Kepribadian, Sosial dan Profesional, pengemb

angan TIK kita sebagai guru adalah upaya kita untuk mengembangkan sisi profesionalitas yang terkait dengan aplikasi pengajaran berbasis IT. Itulah salah satu tugas kita sebagai guru untuk mengimbangi generasi – z bahkan harus di atas para siswa dari segi penggunaan device maupun resources yang ada. Dengan pendampingan dan pengarahan yang tepat kepada siswa dalam menggunakan HP, computer, tablet ataupun device lainnnya maka kita kan bisa melaksanakan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan menantang. Sebagai guru generasi Z, kita sebagai fasilitator, mengarahkan dan memandu siswa siswa kita, serta mengembangkan pola pikir mereka.

Dalam masa pandemi ini, SMA N 1 Margasari juga melakukan beberapa pengembangan  untuk pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh. SMA N 1 Margasari adalah  sekolah yang menggunakan Microsoft Teams untuk Pembelajaran Jarak Jauh, dimana Ms. Teams ini mempunyai fitur aplikasi yang cukup lengkap dalam mengakomodasi segala keperluan PJJ masa pandemi. Dan tidak lupa para guru juga di bekali dengan pelatihan  tersebut. Itu merupakan salah satu upaya sekolah kami dalam mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini serta mengembangkan profesionalitas guru guru yang ada di lingkup sekolah kami.

3 thoughts on “GURU GENERASI Z

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *