Berita/Artikel

SIAP SNMPTN 2022

Setelah LTMPT mengeluarkan edaran terbaru mengenai perpanjangan waktu finalisasi data sekolah pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang semula dijadwalkan pada tanggal 8 Februari 2022 kemudian diperpanjang menjadi tanggal 10 Februari 2022, kini para siswa bersiap untuk segera melakukan pendaftaran SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Perpanjangan waktu yang diberikan oleh pihak LTMPT bertujuan memberikan kesempatan kepada para sekolah yang belum melakukan finalisasi data di PDSS yang terdiri dari empat tahapan finalisasi yaitu, finalisasi data sekolah, finalisasi data siswa eligible, finalisasi data kurikulum dan finalisasi data nilai siswa.

Begitu juga dengan SMA Negeri 1 Margasari yang telah melakukan finalisasi akhir pada hari Jum’at 4 Februari 2022. Dengan demikian setelah sekolah melakukan finalisasi akhir, maka siwa SMA khususnya SMA Negeri 1 Margasari diharapkan segera melakukan pendaftaran pada laman yang tersedia. Tentunya sebelum melakukan pendaftaran siswa terlebih dahulu melakukan simpan permanen pada portal yang telah disediakan dan akun LTMPT secara otomatis akan terverifikasi. Sejumlah siswa yang mengikuti SNMPTN terdiri dari 54 siswa jurusan MIPA dan 27 siswa dari jurusan IPS. Para siswa yang akan mendaftar SNMPTN dapat memilih jurusan di universitas negeri di seluruh Indonesia dengan beberapa ketentuan yang telah ditentukan.

Pendaftaran SNMPTN itu sendiri akan dibuka mulai tanggal 14 Februari 2022 dan ditutup pada tanggal 28 Februari 2022 pukul 15.00 WIB. Siswa dapat mendaftar SNMPTN melalui portal https://snmptn.ltmpt.ac.id. Tidak semua siswa dapat mendaftar SNMPTN. Hanya siswa yang sudah memiliki akun di LTMPT dan sudah melakukan simpan permanen serta termasuk ke dalam daftar siswa eligible dan memiliki nilai yang lengkap yang dapat mendaftar di SNMPTN.  Setelah siswa log in pada akun yang tersedia, siswa kemudian dapat memilih jurusan pada daftar universitas negeri yang tersedia. Pengecualian untuk siswa yang memilih jurusan olahraga dan jurusan seni, siswa wajib mengunggah dokumen pendukung berupa portofolio. Siswa wajib melengkapi data berupa data prestasi (jika memiliki) dan melakukan finalisasi data akhir. Jika seluruh tahapan sudah dilakukan dengan benar dan diakhiri dengan finalisasi, maka siswa wajib mengunduh dan mencetak bukti kartu registrasi yang menandakan bahwa siswa sudah melakukan pendaftaran SNMPTN.

One thought on “SIAP SNMPTN 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *