Berita/Artikel

Sosialisasi Kerukunan Umat Beragama oleh Badan Kesatuan Bangsa & Politik Kab. Tegal

Selasa, 25 Oktober 2022 SMA N 1 Margasari melaksanakan Sosialisasi Kerukunan Umat Beragama oleh Badan Kesatuan Bangsa & Politik Kab. Tegal.

Acara Sosialisasi di hadiri oleh Bpk Abasari (Kepala Bakesbangpol) dan diikuti oleh Bpk / Ibu Guru dan Staff Karyawan TU serta perwakilan Peserta Didik Sejumlah 50 Siswa.

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk, terdiri dari berbagai suku, ras, agama, dan budaya. Unsur kerukunan umat beragama antara lain : Kesediaan untuk menerima adanya perbedaan keyakinan dengan orang maupun kelompok lain; Kesediaan membiarkan orang lain untuk mengamalkan ajaran yang diyakini; Kemampuan untuk menerima perbedaan dan merasakan kekhusyu’an yang dirasakan orang lain sewaktu mereka mengamalkan ajaran agamanya.

Fungsi beragama antara lain : sebagai tuntunan bagi manusia agar memiliki perangai yang mulia dan terpuji; sebagai jalan untuk menggapai kemaslahatan, ketenangan dan kedamaian serta keselamatan, baik di dunia maupun di akhirat; mengandung ajaran-ajaran yang moderat, seimbang dan lurus, menyeimbangkan antara urusan dunia dan akhirat; sebagai pemersatu umat yang berbeda-beda, baik dari segi keagamaan, suku dan adat istiadat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *