Berita/Artikel

Lulus SNMPTN 2021 tapi Tak Diambil? Ini Konsekuensinya

Penulis Luthfia Ayu Azanella | Editor Rendika Ferri Kurniawan KOMPAS.com

Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 telah diumumkan pada 22 Maret lalu. Sebanyak 110.459 siswa berhasil diterima di perguruan tinggi negeri melalui jalur masuk pertama ini. Para siswa yang telah diterima SNMPTN, selanjutnya akan melakukan daftar ulang dan mengikuti prosedur masuk PTN tujuan masing-masing. Bagi yang belum lulus, sobat pejuang PTN dapat mencoba kembali melalui jalur UTBK-SBMPTN 2021 yang akan ditutup pada 1 April. Nah, bagaimana jika Anda telah diterima melalui SNMPTN, tetapi tak diambil? Apa konsekuensinya?

Konsekuensi Koordinator Humas Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) 2021 Ismaini Zain mengatakan, ada sejumlah konsekuensi yang bisa didapatkan oleh peserta tersebut. Salah satunya adalah ia tidak bisa mengikuti tes melalui jalur UTBK-SBMPTN. “Kalau diterima SNMPTN enggak diambil yang jelas yang bersangkutan tidak bisa ikut UTBK-SBMPTN,” kata Ismi, saat dihubungi Kompas.com. Sabtu (27/3/2021). Jika yang bersangkutan masih ingin mendaftar di prodi lain yang ada di PTN, ia hanya bisa melalui jalur mandiri. Hal itu juga dapat dilakukan, jika PTN yang dituju membuka jalur mandiri tersebut.

Selain konsekuensi tersebut, sekolah asal pendaftar yang melewatkan hasil SNMPTN itu juga kemungkinan berisiko mendapatkan skors. Skors ini mungkin diberikan dari PTN yang sebelumnya menerimanya di masa pendaftaran yang akan datang. “Tapi tahun depan bisa jadi PTN akan memberikan suatu catatan, akan memberi hukuman buat sekolah yang bersangkutan. Menskors atau memberi penalti sekolahnya mungkin ya, jadi kasihan adik-adiknya,” jelas Ismi.  Sementara kursi kosong yang tidak ditinggalkan oleh peserta SNMPTN ini, menurutnya tidak akan dicarikan pengganti dari peserta SNMPTN yang posisinya ada di bawah peserta yang diterima. Kursi kosong baru akan diisi melalui jalur-jalur penerimaan berikutnya.  “Kursi kosong akan diganti di SBMPTN, nanti kalau SBMPTN kosong diganti (melalui penerimaan jalur) mandiri,” pungkas dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Lulus SNMPTN 2021 tapi Tak Diambil? Ini Konsekuensinya”, Klik untuk baca: https://www.kompas.com/tren/read/2021/03/27/124500865/lulus-snmptn-2021-tapi-tak-diambil-ini-konsekuensinya?page=all.
Penulis : Luthfia Ayu Azanella
Editor : Rendika Ferri Kurniawan

5 thoughts on “Lulus SNMPTN 2021 tapi Tak Diambil? Ini Konsekuensinya

  1. Menciptakan taman bunga adalah impian setiap pecinta alam dan keanggunan. Taman bunga adalah tempat di mana ke eksotikan alam berkumpul dalam harmoni yang mempesona. Dengan berbagai macam jenis bunga yang mekar dalam beragam warna dan aroma, taman bunga menjadi surga kecil yang mengundang mata dan hati untuk terpesona. Dalam taman bunga, kita dapat menikmati paduan sempurna antara warna-warni bunga, hijaunya daun, dan kesegaran alam yang membawa kedamaian dan kegembiraan. Taman bunga adalah tempat di mana kita bisa melepaskan diri dari hiruk-pikuk dunia dan membiarkan diri kita tenggelam dalam keindahan yang tak tergantikan.

  2. 🚀 Wow, blog ini seperti petualangan fantastis meluncurkan ke galaksi dari kegembiraan! 💫 Konten yang menegangkan di sini adalah perjalanan rollercoaster yang mendebarkan bagi pikiran, memicu kagum setiap saat. 💫 Baik itu teknologi, blog ini adalah harta karun wawasan yang inspiratif! #PetualanganMenanti Terjun ke dalam pengalaman menegangkan ini dari imajinasi dan biarkan imajinasi Anda melayang! 🚀 Jangan hanya menikmati, rasakan sensasi ini! 🌈 Pikiran Anda akan bersyukur untuk perjalanan menyenangkan ini melalui dimensi keajaiban yang menakjubkan! 🌍

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *