Berita/Artikel

PERINGATAN NUZULUL QUR’AN DENGAN NGAJI ONLINE BERSAMA DAN BAGI TAKJIL GRATIS OLEH OSIS SMA NEGERI 1 MARGASARI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

PERINGATAN NUZULUL QUR’AN

DENGAN NGAJI ONLINE BERSAMA DAN BAGI TAKJIL GRATIS OLEH OSIS

SMA NEGERI 1 MARGASARI

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

Oleh :  Hadi Prayitno, S.Si    ( Waka. Kesiswaan SMAN 1 Margasari )

 

Ramadhan adalah bulan ampunan dan penuh berkah. Umat Islam pun berlomba-lomba melaksanakan kegiatan ibadah baik yang wajib maupun sunahnya. Hanya saja, pada saat ini berkenaan dengan masa pandemi Covid-19 yang masih mendera bangsa ini berdampak pada pelarangan beberapa kegiatan oleh pemerintah. Akibatnya beberapa kegiatan tidak dapat dilaksanakan guna menghindari terjadinya kerumunan orang banyak dan jika melaksanakan kegiatan, itupun harus dengan menerapkan protokol kesehatan secara maksimal.

Berkaitan hal ini, OSIS SMA Negeri 1 Margasari melaksanakan kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an dengan tema “Ngaji Online – Peringatan Nuzulul Qur’an, Tadarus Bersama secara Daring”, yang dilaksanakan di Masjid “TARBIYATUTTAQWA” SMA Negeri 1 Margasari dan dilanjutkan  dengan Pembagian Takjil Gratis kepada warga pada Hari Jum’at, 7 Mei 2021 kemarin.

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa panitia perwakilan dari Pengurus OSIS dan didampingi oleh beberapa guru pembina serta tim Kesiswaan. Tentunya kegiatan ini juga tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti pengecekan suhu badan, mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak.

Sesuai dengan tema yaitu Ngaji Online, maka kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an dan Tadarus Bersama ini dilakukan secara online / daring menggunakan aplikasi Microsoft Teams 365 yang sudah biasa digunakan oleh SMA Negeri 1 Margasari dalam kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama ini.

Dengan berbagai alat media yang tersedia, kegiatan Peringatan Nuzulul Qur’an dan Tadaraus Bersama ini dilaksanakan di Masjid “TARBIYATUTTAQWA” SMA Negeri 1 Margasari. Kegiatan diawali dengan Sholat Ashar Berjamaah Panitia dan beberapa perwakilan Pengurus OSIS dan dilanjutkan tadarus bersama secara online. Dipandu oleh pembawa acara Rindiyani siswa kelas XI.MIPA.3 kemudian dilantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an secara merdu oleh perwakilan siswa bernama Nabila Syifa siswa kelas XI.MIPA.4 dan ditutup dengan Murotal oleh Bapak  Farikhin, S.Pd.I selaku guru pembina ekstra Baca Tulis Qur’an (BTQ) sampai dengan pukul 16.30 WIB. Kegiatan disambung dengan pelaksanaan Peringatan Nuzulul Quran dengan diawali sambutan oleh kepala sekolah Bapak Imam Sujarwanto, S.Pd.,M.Pd  dan dilanjutkan Tausiyah oleh Penceramah sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Tampak bahwa beberapa guru juga dan siswa antusias  mengikuti kegiatan ini dengan ikut menyimak seluruh rangkaian kegiatan secara online melalui aplikasi Teams  melalui Handphone masing-masing.

Setelah Ngaji Online selesai, kegiatan dilanjutkan dengan Pembagian Takjil Gratis oleh siswa yang diwakili oleh beberapa pengurus OSIS yang diketuai oleh Rina Mutiara siswa kelas XI.MIPA.2 dan dikawal langsung oleh Waka Kesiswaan Bapak Hadi Prayitno, S.Si didampingi Pembina OSIS Bapak Fasi Mapaida, S.Pd serta beberapa guru lainnya. Tampak keceriaan dan kebahagiaan di wajah para siswa pada saat membagikan takjil kepada warga. Disitu beberapa siswa menyampaikan kesannya bahwa mereka sangat bahagia dan bangga bisa berbagi pada orang lain. Mudah-mudahan hal ini dapat menjadikan kita semua terketuk untuk selalu berbagi dengan sesama serta memperoleh berkah dari segala kebaikan yang kita lakukan, Allohumma Aamiin…..

Gambar Pembagian takjil

Pada pukul 17.30 kgiatan Bagi Takjil pun berakhir dan kemudian semuanya pulang untuk berkumpul keluarga dan bersiap berbuka puasa di rumah masing-masing. Semoga dengan kegiatan ini akan membuka hati kita untuk senantiasa beribadah kepada Allah SWT dan membiasakan untuk selalu berbagi dengan sesama.

****

 

One thought on “PERINGATAN NUZULUL QUR’AN DENGAN NGAJI ONLINE BERSAMA DAN BAGI TAKJIL GRATIS OLEH OSIS SMA NEGERI 1 MARGASARI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *